PRAPKTEK IBADAH
SHOLAT ‘IED
Sholat ‘Id artinya dua sohlat hari
raya yaitu :
1. Sholat Hari Raya lepas puasa, yaitu pada tiap-tiap Tanggal Satu Bulan
Syawal Tahun Hijriah
2. Sholat Hari Raya Haji, yaitu pada tiap-tiap Tanggal Sepuluh Bulan
Zulhijjah Tahun Hijriah
Hukum Sholat Hari raya adalah Sunat
Muakad ( sunat yang lebih penting/mendekati wajib ),karena Rosululloh
Saw. Tetap melaksanakan sholat ‘Id selama Beliau hidup. Sesuai dengan yang
disyariatkan dalam Al-Quran, Assunah dan Ijma. Dalil Al-Quran yang menunjukan
perintah shoalt ‘Id dapat dijumpai dalam Q.S. Al-Kautsar Ayat 1-2
اِنَّااَعْـطَيْــنَاكَ الْكَـوْثَـرْ* فَـصًلِّ لِرَبِّكَ وَانحَرْ (الكوثر:٢-١)
‘’ Sesungguhnya
kami telah memberi Engkau ( Ya Muhammad ) akan kebaikan yang banyak, sebab itu
sholat lah Engkau dan berkurbanlah karena Tuhan-Mu.
Dalam Hadits
Rosululloh Saw, dijelaskan juga yang diriwayatkan oleh Jama’ah :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ كاَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَ اَبُو بَكرِوَعُمَرُيُصَلُّونَ الْعِيْدَيْنِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ ( رواه
جـمـعـة(
“ Dari Ibnu ‘Umar : Rosulullah Saw. Abu Bakar
dan ’Umar pernah melakukan sholat dua hari raya sebelum berkhutbah.” (Riwayat Jama’ah)
Ketika itu Rosululloh Saw. Melaksanakan sohlat hari raya yaitu pada tahun kedua Hijriah. sohlat hari raya
tersebut dilaksanakan sebanyak dua raka’at, waktunya sesudah terbitnya matahari
sampai tergelincirnya matahari, Rukun dan syaratnya begitu juga sunatnya sama
dengan sholat yang lain, dan ditambah dengan sunnah yang lain seperti yang akan
dijelaskan.
Rosululloh Saw.
Bersabda :
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. يَوْمَ الْعَيْدِ رَكْعَـتَـيْنِ لَمْ يُصَلِّ قـَبْلَهُـمَا.
وَلَابَـعْـدَ هُـمَا )رواه البخاري ومسلم (
“ Dari
Ibnu Abbas : “ Sesungguhnya Nabi Saw sohlat hari raya dua
raka’at, beliau tidak sholat sebelum dan sesudahnya” (Riwayat Bukhori Muslim)
Maka dari itu
dianjurkan bagi setiap orang untuk berkumpul melaksanakan sohlat hari raya,
baik orang yang tetap (Mukimin) maupun orang yang dalam perjalanan, baik itu
laki-laki maupun permpuan, besar ataupun kecil, sehingga perempuan yang sedang
berhalangan pun (Haid) di suruh juga pergi berkumpul untuk mendengarkan Khutbah
(Ceramah), tetapi mereka tidak boleh Sholat. Sungguh pun begitu, apabila
seseorang melaksanakan sohlat hari raya itu sendiri, maka itupun sah juga.
Seperti sabda
Rosululloh Saw :
عَنْ اُمِّ عَـطِـيَّةِ قَالَتْ اَمَرَنَا رَسُوْلُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اَنَّ نُخْرِجَهُنَّ فِى الْـفِـطْـرِوَالْاَضْحٰىَ الْعَوَاتِـقَ وَالحُيَّضَ وَذَوَاتِ
الْخُدُوْرِ فَاَمَّاالحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاَةَ ( رواه البخاري ومسلم(
“ Dari Ummu
Athijah, katanya :Rosululloh Saw, Telah menyuruh kami pada hari raya fitri dan
hari raya haji, supaya kami membawa gadis-gadis, perempuan yang berhalangan,
dan bawa perempuan ketempat sohlat hari raya. Adapun perempuan yang sedang
berhalangan, mereka tidak mengerjakan sohlat.”(Riwayat BuKhori Musim).
TEMPAT
SHOLAT HARI RAYA
Tempat
yang lebih baik untuk melaksanakan sholat hari raya yaitu ditanah lapang,
kecuali kalau ada halangan seperti hujan atau sebagainya.
Berkata “allamah IbnuAl-Qoijim: Biasanya Rosululloh Saw.
Melakukan sholat dua hari raya pada tempat yang dinamakan “Mushalla” dan tidak
pernah beliau melaksanakan sholat hari raya di mesjid hanya saja satu kali,
yaitu ketika mereka kehujanan. Apa lagi kalau dipandang keadaan sholat hari
raya itu dijadikan sarana untuk syiar agama. Namun ada sebagian Ulama yang
berpendapat : Lebih baik dimesjid karena mesjid adalah tempat yang mulia dan
suci.
SHOLAT SUNNAT HARI RAYA
A. TATA CARA SEBELUM
MELAKSANAKAN SHOLAT
1.
Sebelum melaksanakan sholat “ied disunatkan mandi, dan berhias
dengan memakai pakaian yang sebaik-baiknya. Seperti dalam keterangan sabda
Rosululloh Saw :
عَنْ حَسَنِ بْنِ عَلِى قَالَ اَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى الْعيدِيْنَ اَنْ نَلبَسَ اَجْـوَدَمَانَجِـدُ وَاَنْ نَـتَـطَـيَّـبَ
بِاَجْوَدِ مَانَجِـدُ وَأَنْ نُضَحِّيَ بِاَسْمَنِ مَا نَجِدُ (رواه الحكم وابن حبّان(
“Dari Hasan Bin ‘Ali : Rosululloh Saw. Menyuruh kami pada hari raya,
supaya memakai pakaian sebaik-baikya yang ada pada kami, dan berharum-haruman sebaik-baiknya
yang ada pada kami, dan berkurban dengan
binatang segemuk-gemuknya yang ada pada kami”(Riwayat Hakim dan Ibnu Hibban)
a. Niat mandi Besar :
نَوَيتُ الْغُسْلَ لِرَافْعِلْ حَدَسِ الْاَ كْـبَـرِفَرْضًالِلٰهِ تَعَلَى
“Sejak saya niat mandi besar
menghilangkan hadats pada seluruh badan fardhu karena Allah”
b. Niat mandi Mau melaksanakan
sholat ‘ied
نَوَيتُ الْغُسْلَ لِ الصَّلاَةِ مِن يَوْمِ الْعِيْدِالْفِتْرِ سُنَّةً
لِّلّٰهِ تَعَلَى
“Sejak saya niat mandi untuk
melaksanakan sholat pada waktu ‘iedul fitri sunnat karena Allah”
2. Disunatkan makan sebelum
pergi sholat pada hari raya ‘iedul
fitri, dan pada hari raya ‘iedul adha disunatkan tidak makan, kecuali sesudah
sholat.
Sabda Rosululloh Saw :
عَنْ اَنَسٍ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَايَغْدُ
وَيَوْمَ الفِطْرِ حَتّٰى يَأْكُلَ تَمَرَاةٍ (رواه احمدوالبخارى(
“ Dari Annas : Adalah Nabi Saw.
Tidak pergi mengerjakan sholat pada hari
raya fitri, sehingga beliau memakan beberapa biji kurma dahulu.” ( Riwayat
Ahmad dan Bukhori )
Sabda Rosululloh Saw :
عَنْ بُرَيْدَةْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَأْكُلُ يَوْمَ الْاَضْحٰى حَتّٰى يَرْجِعَ (رواه ترمذي(
“ Dari Buraidah : Nabi Saw. Tidak makan pada hari raya Haji sehingga
beliau kembali dari sholat.” (Riwayat Tirmidzi)
B. TATA CARA DALAM MELAKSANAKAN
SHOLAT
1. Sebagaimana telah diterangkan
bahwa waktu sholat hari raya fitri itu ialah tanggal satu bulan syawal, mulai
dari terbit matahari sampai tergelincirnya matahari. Akan tetapi jika diketahui
sesudah tergelincirnya matahari, bahwa hari itu tanggal satu syawal, jadi waktu
sholat sudah habis, maka hendaklah sholat dihari kedua (tanggal dua) saja.
Sabda Rosululloh Saw.
عَنْ عُمَيْرِبْنِ اَنَسٍ:قَالُوا غَمَّ عَلَيْنَا
هِلَالُ شَوَّالٍ فَاَصْبَحنَاصِيَامًافَجَاءَ رَكبٌ مِنْ اَخِرِالنَّهَارِ فَشَهِدُوْاعِنْدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اَنَّهُمْ رَأَوُا الْهِلَالَ بِالأُمْسِ فَاَمَرَالنَّاسَ
اَنْ يَفْطِرُوْا مِنْ يَومِهِمْ وَاَنْ يَخْرُجُوالْعِيدِهِمْ مِنَ الغَدِ .(رواه الخمشة لترتدى)
“Dari ‘Umairi Bin Annas :
Berkata para sahabat : Telah tertutup atas kami hilal (awal bulan) syawal, maka
siang harinya kami puasa kemudian diakhir hari itu datang beberapa orang ,
mereka menjadi saksi didepan Rosululloh Saw.: Bahwa mereka telah melihat buan kemarinnya,
maka Rosululloh Saw. Menyuruh orang banyak supaya berbuka puasa pada hari itu,
dan supaya besoknya mereka pergi sholat hari raya.”(Riwayat lima orang ahli
hadits).
2.
Pada
sholat hari raya tidak disyariatkan untuk adzan dan tidak pula untuk iqomah. Hanya
yang disyariatkan adalah menyerukan :
.... اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً
“ Marilah sholat berjama’ah”
Seperti Sabda Rosululloh Saw.
عَنْ جَابِرِبْنِ سَمُرَةَ قَالَ صَلَّـيْـتُ مَعَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ العِـيْدِ غَيْرَ مَرَّةٍ وَلَا مَرَّ
تَــيْنِ بِغـَيْرِ اَذَانٍ وَلَا اِقَامَةٍ (رواه احمدومسلم(
“Dari Jabir Bin Samurah, Katanya : “ Saya sholat hari raya bersama-sama
dengan Rosululloh Saw.bukan sekali dua kali saja ; baliau sholat dengan tiak
adzan dan tidak iqomah.” (Riwayat Ahmad dan Muslim)
Sabda
Rosululloh Saw.
عَنِ الزُّهْـرِى اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كاَنَ يَأمُرُالْمُؤَذِّنَ فِى الْعِـيْـدِ اَنْ يَـقُـوْلُ
" الصَّلَاةُ جَامِعَةً " (رواه الشفعى(
“ Dari
Zuhri : ‘’ Sesungguhnya Roululloh Saw. Pernah menyuruh tukang adzan pada hari
raya supaya mengucapkan اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً ” (Riwayat Syafi’i).
3. Pelaksanakan Sholat, Dalam
melaksanakan sholat hari raya, disunatkan untuk berjama’ah
a. Sebelum pelaksanaan sholat
biasanya imam akan memberikan pengarahan tentang tata cara melaksanakan sholat
‘ied terlebih dahulu. Sesudah imam beres memberikan pengarahan... Lalu?
b. Muroqi Berdiri dan Membaca
Lafadz :
١ . اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ.
لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ.اللهُ اَكْبَرُوَلِلّٰهِ الْحَمْدُ ٣x
٢ . اَلصَّلَاةُ سُنَّةً لِعِيْدِالْفِطْرِرَكْعـَـتَـيْنِ
جَامِعَةً ٣x .... رَحِــيْمَكُمُ الله
Lalu ma’mum menjawab, dengan mengucapkan kalimat :
اَلصَّلَاةُ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ!!! ....
c. Niat sholat ‘ied.
اُصَلِّى سُـنَّـةً لِى عِيدِالْـفِـتـْرِ
رَكْـعَـتَـيْـنِ مُسْتَكْبِلَ الْكَأ بَة مَأ مَوْمًا لِلهِ تَعَالَ
“ Sejak
saya niat sholat sunat ‘iedil fitri menghadap ka’bah ma’muman karena Alloh “
d. Lalu iman memimpim pelaksanaan
sholat. Membaca takbir tujuh kali, sesudah membaca doa iftitah dan sebelum
membaca ta’awwuz, pada raka’at pertama, dan pada raka’at kedua membaca takbir lima kali sebelum membaca
fatihah selain dari takbir berdiri.
e. Mengangkat kedua tangan setinggi
bahu pada tiap-tiap takbir.
Sabda Rosululloh Saw :
عَنْ عَمْرِوبْنِ شُعَــيْبٍ اَنَّ النَّـبِيُّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَـبَّرَ فِى عِــيْدِ ثِـــنْـتَ عَشَرَةَ تَكْـبِــيْرَةً
سَـبْعاًفِى الْأُولٰى وَخَمْسًافِى الْاٰخِرَةِ. (رواه احمد وِابن هبان(
“Dari ‘Amr Bin Syu’aib :
Sesungguhnya Nabi Saw. Takbir pada hari raya dua belas takbir. Tujuh di raka’at pertama, dan lima diraka’at akhir.”
(Riwayat Ahmad dan Ibnu Hibban)
f.
Membaca tasbih diantara beberapa takbir...dengan lafadz
tasbih :
سُبحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ لِلّٰهِ وَلَااِلٰهَ
اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ
“ Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah dan tidak
ada tuhan selain Alloh yang wajib disembah, melainkan Allhal. Allah maha besar.
“
g. Membaca surat Qof ( ق ) sesudah fatihah diaraka’at pertama, kemudian
diraka’at kedua surat Al-qomar ( القمر ) atau surat Al-A’la ( الاعلى )
Diaraka’at pertama, dan Al-Ghasiah ( الـغاشـــية ) diraka’at kedua.
h. Menyaringkan / mengeraskan
bacaan terkecuali makmum.
i.
Sesudah imam salam ................?
4. Pelaksanaan Khutbah.
a.
Tugas Muroki memberikan peringatan kepada jama’ah/ma’mum yang
pada intinya agar ketika sedang khutbah dilarang ribut/berisik.
Dengan
mengucapkan lafadz :
١ . اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ.
لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ.اللهُ اَكْبَرُوَلِلّٰهِ الْحَمْدُ ٣x
٢. يَآ يُّهَاالْحَاضِرُوْنَ
...
اَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَلاَ تَتَكَلَّمُوْا
عِنْدَالْخُطْبَه ٣x
وَاَطِيْعُوْا مَاقَالَ الْخَطِيْبُ عَلَى الْـمِـمْـبَر...
لَـعَـلَّـكُمْ تُرْحَمُوْنَ
٣. اَنْصِتُوْا رَحِــيْمَكُـمُ
الله !!!
b.
Lalu imam
naik ke mimbar untuk melaksanakan khutbah. Khutbah dua kali sesudah sholat,
keadaan khutbahnya seperti dua khutbah jum’at.
c.
Hendaknya
dimulai khutbah pertama dengan takbir sembilan kali, dan khutbah yang kedua
tujuh kali. Ada sebagian ulama mengatkan : Bahwa khutbah hari raya tidak
dimulai dengan takbir ,hanya dengan puji-pujian (Al-hamdulillah)
d.
Hendankya
dalam khutbah hari raya ‘iedul fitri itu harusnya diadakan penerangan tentang zakat fitrah. Dan pada hari raya
‘iedul adha diadakan penerangan tentang
hukum-hukum kurban.
e.
Sesudah
selesai melaksanakan sholat dan khutbah, semuanya bermushofahah
(bersalam-salaman).
f.
Hendaklah
ketika pergi melaksanakan sholat melalui satu jalan, dan kemudian pulangnya
melalui
5.
Pada dua hari raya disunatkan takbir diluar
sholat. Waktunya pada hari raya fitri mulai dati terbenamnya matahari, pada
malam hari raya, sampai imam mulai sholat. Stakbit ini disunatkan disegala
tempat, baik dimesjid, dilanggar-lagar atau dirumah-rumah, dipasar dan lainnya
malam ataupun siang. Asal dalam waktu tersebut, baik orang yang tetap didalam
negri atau orang yang dalam perjalanan. Takbir ini oleh ahli Fiqih dinamakan
takbir “ Mutlaq ”.
Adapun pada hari
raya haji disunatkan takbir sesudah selesai daripada sholat fardu yang lima,
baik sholat Adaan atau Qadha. Begitu juga sesudah
sholat jenazah atau sholat sunat yang lain-lain. Mulai waktu takbir, dari mulai
terbenam matahari, malam hari raya haji sampai sesudah sholat ‘ashar
penghabisan hari Tasyriq (tgl. 11-13 Haji). Ini dinamakan takbir “ Mukayyad
“
Firman
Allah Q.S. Al-Baqoroh ayat : 185.
وَلِـتُـكْـمِـلُـوْاالعــدَّةَ وَلِــتُــكَـبِّـرُواللهَ عَلَى مَاهَــدٰ
كُمْ. (البقرة ١٨٥(
“ Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan
bulan puasa itu, dan hendaklah kamu besarkan Allah (Takbir) atas perunjuknya
kepada kamu.”
Firman Allah Q.S. Al-Baqoroh
ayat : 203.
وَاذْ كُـرُوااللهَ فِٓى اَيَّامٍ مَّـعْـدُوْدٰتٍ. (البقرة ٢٠٣(
“ Sebutlah oleh kamu akan
nama Alloh pada beberapa hari yang tertentu (Hari Tasyriq)
LAFADZ TAKIBIR
اللهُ اَكْبَرُ. اللهُ اَكْبَرُ. اللهُ اَكْبَرُ. لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ
اَكْبَرُ.اللهُ اَكْبَرُوَلِلّٰهِ الْحَمْدُ.
اللهُ اَكْبَرُ كَــبِـيرًا وَالحَمْدُ لِلَّهِ
كَــثِـيرًا. وَسُبحَانَ اللهِ بُـكرَةً وَاَصِيْـلًا. لَااِلٰهَ اللهُ وَحْـدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَـبْدَهُ
وَهَـزَمَ الاَحْـزَابَ وَحْـدَهُ.
لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَلَا نَـعْـبُـدُ اِلَّا
اِيَّاهُ مُخـلِـصِــيْنَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ...
لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ.اللهُ اَكْبَرُوَلِلّٰهِ
الْحَمْدُ.
“ Allah maha besar (3x), tidak ada tuhan
selain Allah, Allah maha besar (2x), bagi Allah segala Puji ,Allah besar
sempurna kebesarannya,dan semua puji semata-semata hanya untuk Alloh, Maha suci
Allah pagi dan petang, tidak ada Tuhan melainkan Allah sendirinya. Benar
janjinya, dan Dia menolong akan akan hambanya, dan Dia mengusir semua musuh
Nabi-Nya, Sendirinya, tidak ada Tuhan melainkan Allah, kami tidak menyembah
hanya kepadanya,dengan ikh;las kami beragama kepadanya, meskipun dibenci orang
kafir.”
S E
L E S
A I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar